RPP Biologi SMP : Sistem Eksresi
PERTEMUAN I
Sekolah : SMP Negeri 4 Marioriwawo
Kelas/Semester : IX/1
Mata Pelajaran : IPA
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan menusia.
Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan sistem eksresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
Indikator:
Kognitif
a. Produk
1. Menyebutkan macam organ penyusun sistem eksresi pada manusia.
2. Mendeskripsikan bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem eksresi pada manusia.
3. Mendeskripsikan fungsi sistem eksresi.
b. Proses
5. Melakukan pengamatan, diskusi, dan tanya jawab untuk menjelaskan konsep sistem
eksresi pada manusia.
c. Psikomotor
9. Mengamati model ginjal, diskusi dan tanya jawab untuk menjelaskan konsep sistem
eksresi pada manusia.
d. Afektif
• Karakter
Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi : Teliti, jujur, peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka dan menghargai pendapat teman.
• Keterampilan Sosial
Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial, meliputi: Bertanya, menyumbang ide atau pendapat, menjadi pendengar yang baik, komunikasi.
A. Tujuan Pembelajaran
Kognitif
a. Produk
1. Siswa dapat menyebutkan macam organ penyusun sistem eksresi pada manusia.
2. Siswa dapat menjelaskan menjelaskan struktur dan mekanisme proses eksresi
melalui ginjal.
b. Proses
5. Melakukan pengamatan pada torso/model ginjal untuk mengetahui struktur dan
bagian-bagian ginjal dengan mengacu pada LKS 1.
c. Psikomotor
9. Mengamati torso manusia dan model ginjal untuk mengetahui dan mendeskripsikan
letak dan struktur ginjal manusia.
d. Afektif
• Karakter:
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam prilaku berkarakter, meliputi: Teliti, jujur, peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka dan menghargai pendapat teman, sesuai dengan lembar pengamatan perilaku berkarakter.
• Keterampilan sosial:
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menyumbang ide atau pendapat, menjadi pendengar yang baik, komunikasi, sesuai dengan lembar pengamatan keterampilan sosial.
B. Materi Pembelajaran
1. Sistem eksresi pada manusia.
2. Mekanisme proses eksresi melalui ginjal.
C. Model Pembelajaran
1. Model: Pembelajaran Kooperatif (MPK)
2. Metode: Observasi, Diskusi, dan Tanya Jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan
Untuk tujuan pembelajaran No: 1,2, 5, 9, dan tujuan afektif
Pembukaan (± 5 menit)
Kegiatan
Memotivasi siswa dengan membagikan beberapa amplop yang berisi gambar alat eksresi manusia kepada beberapa siswa kemudian secara bergiliran siswa diminta menyebutkan nama masing-masing gambar alat eksresi yang dipegang. Ketika siswa selesai menyebutkan nama alat eksresi dari gambar yang dipegang, guru memulai diskusi dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa “Tahukah kalian mengapa alat tersebut disebut alat eksresi?” “Zat apa yang dikeluarkan masing-masing alat eksresi tersebut?” dan pertanyaan-pertanyaan pengarah sejenis lainnya. Diharapkan selama diskusi dan tanya jawab tersebut, siswa menyumbang ide atau pendapat, sementara siswa lain mendengarkan pendapat temannya dan terbuka ketika mendengarkan pendapat teman, serta tidak mencela pendapat teman dengan kasar.
Tanya jawab dan diskusi digunakan untuk mengarahkan siswa kepada tujuan pembelajaran yang meliputi kognitif, psikomotor dan afektif.
(Fase 1 MPK: Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa)
Kegiatan Inti (± 65 menit
Kegiatan
Melalui tanya jawab dan diskusi mengarahkan siswa untuk menemukan dan memahami konsep bahwa proses eksresi pada manusia dapat dibedakan atas tiga macam. Hal yang sama dilakukan untuk memfasilitasi siswa dalam mendeskripsikan macam organ penyusun sistem eksresi pada manusia.
Dengan menggunakan gambar atau model ginjal memberikan informasi tentang struktur dan mekanisme proses eksresi dengan metode tanya jawab dan diskusi. Ketika proses tanya jawab dan diskusi dalam upaya untuk menemukan konsep, guru juga memberikan pengalaman belajar untuk membentuk afektif siswa dengan menekankan perlunya siswa bersikap jujur dengan mengatakan apa adanya ketika belum memahami, dan menghimbau siswa lain untuk peduli dan terbuka terhadap jawaban siswa lain. Selain itu guru juga selalu mendorong siswa untuk mengkomunikasikan hasil terbaiknya ketika menyumbang ide atau berpendapat, sementara siswa lain harus mendengarkan pendapat temannya dan bersikap terbuka ketika mendengarkan pendapat teman, serta tidak mencela pendapat teman dengan kasar. Selanjutnya disajikan informasi mengenai kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan mengacu pada LKS 1.
(Fase 2 MPK: Menyampaikan informasi).
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif yang setiap kelompoknya terdiri dari 4 orang siswa. Selanjutnya membagikan LKS 1 kepada tiap kelompok. Ketika mendistribusikan LKS 1, guru membimbing siswa untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan LKS 1.
(Fase 3 MPK: Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar).
Membimbing kelompok mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam kegiatan pengamatan sesuai prosedur yang tertulis di LKS 1 dan membimbing siswa menggambar hasil pengamatannya pada tempat yang disediakan. Bila ada siswa yang menunjukkan karakter tidak peduli, tidak teliti atau menunjukkan karakter tidak bertanggung jawab, tidak bekerja sama segera diingatkan.
Guru menekankan perlunya ketelitian dan kejujuran dalam melakukan pengamatan dengan menggambar hasil pengamatan apa adanya. Guru meminta siswa untuk bertanggung jawab terhadap kebersihan tempat kerja yang harus tetap dijaga setelah bekerja dalam kelompok.
Membimbing kelompok melakukan analisis dengan mengacu pada LKS 1. Ditekankan perlunya kerjasama, terbuka dan mendengarkan ide teman dalam tugas analisis ini.
(Fase 4 MPK: Membimbing kelompok siswa bekerja dan belajar)
Mengarahkan siswa untuk diskusi kelas dengan cara meminta satu-dua kelompok mempresentasikan kinerjanya dan ditanggapi kelompok lain. Siswa yang menunjukkan sikap terbuka (toleransi) terhadap perbedaan segera diberi pujian sebagai umpan balik agar karakter ini diikuti siswa lain. Siswa yang mencela ide teman secara tidak santun segera diingatkan agar tidak ditiru temannya.
Selain itu, melalui tanya jawab dan diskusi, mengecek pemahaman siswa dan memberikan umpan balik untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menjelaskan konsep sistem eksresi pada manusia khususnya struktur ginjal. Ketika proses diskusi, guru perlu menekankan bahwa ketika siswa mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok terbaiknya, diharapkan siswa menyumbang ide atau berpendapat, sementara siswa lain mendengarkan pendapat temannya dan terbuka ketika mendengarkan pendapat teman, serta tidak mencela pendapat teman dengan kasar.
(Fase 4 MPK: Membimbing kelompok siswa bekerja dan belajar)
Memberi pengayaan tentang proses pembentukan urine pada ginjal kemudian mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran.
(Fase 4 MPK: Membimbing kelompok siswa bekerja dan belajar)
Penutup (± 10 menit)
Kegiatan Permainan Word Square
Guru membagikan Word Square pada setiap kelompok.
Guru menginformasikan aturan permainan Word Square
1. Setiap kelompok tetap duduk bersama anggota kelompok masing-masing.
2. Guru membacakan pertanyaan yang berhubungan dengan sistem eksresi pada manusia.
3. Setiap kelompok diminta berdiskusi dan berlomba untuk menjawab pertanyaan yang
diajukan guru.
4. Kelompok yang paling cepat unjuk jari diberi kesempatan menjawab pertanyaan.
5. Kelompok yang dapat memberikan jawaban yang benar pada setiap pertanyaan diberi
skor 10.
6. Kelompok yang mendapat skor dengan nilai terbanyak akan menjadi pemenang dan
mendapat penghargaan.
(Fase 5 dan 6 MPK : Evaluasi dan memberi penghargaan)
Guru memberi tugas pada siswa untuk membaca materi tentang paru-paru pada materi ajar yang telah dibagikan.
Entri Populer
-
JENIS-JENIS PENELITIAN BERDASARKAN SIFAT MASALAHNYA Berdasarkan sifat masalahnya penelitian dibedakan atas : 1. Penelitian Deskriptif Pe...
-
ULASAN : SIKLUS PADA KEGIATAN PTK Sebagaimana telah diketahui bahwa PTK terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan ...
-
Hidup adalah belajar Belajar bersyukur meski tak cukup Belajar memahami meski tak sehati Belajar ikhlas meski tak rela Belajar bersabar ...
-
RPP Biologi SMP : Sistem Eksresi PERTEMUAN I Sekolah ...
-
Ekskresi merupakan salah satu proses pengeluaran zat dari tubuh. Selain ekskresi ada juga proses sekresi dan defekasi. Apa perbedaan antara ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar